Penggunaan Larva (Maggot) Black Soldier Fly (BSF) Dalam Pengolahan Limbah Organik

Penggunaan Larva (Maggot) Black Soldier Fly (BSF) Dalam Pengolahan Limbah Organik

By Arief Sabdo Yuwono, Pricillia Dana Mentari
Buku “Penggunaan Larva (Maggot) Black Soldier Fly (BSF) dalam Pengolahan Limbah Organik” ini diterbitkan dengan segala keterbatasan yang ada, baik dari keterbatasan pengetahuan penulis, keterbatasan waktu yang tersedia, maupun keterbatasan aplikasinya di lapangan.

Namun demikian, keterbatasan yang ada tidak menghalangi kami untuk terus maju, menulis dan tetap belajar, sedemikian rupa sehingga semua bahan terkumpul dan terkompilasi. Kami juga berusaha sekuat tenaga agar isi yang ada di dalamnya cukup pantas menjadi sebuah entitas buku.

Penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pihak yang telah membantu dalam penyelesaian buku ini, yaitu Pak Handi di Kelurahan Margajaya Bogor Barat yang telah membantu dengan penuh sukacita dalam pelaksanaan penelitian degradasi limbah organik serta para pengelola dan analis di Laboratorium Tanah SEAMEO BIOTROP.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Ibu Ety Herwati, Dipl. Kim (Pranata Laboratorium Teknik Lingkungan) yang telah membantu menganalisis sampel selama pelaksanaan penelitian degradasi limbah organik di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) IPB. Selain itu, ungkapan terima kasih tak terhingga juga disampaikan kepada Bapak Dr. Agus Pakpahan atas diberikannya kesempatan kepada Penulis untuk mengunjungi fasilitas pengolahan limbah organiknya menggunakan maggot.

Penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Board of Director (BoD) SEAMEO BIOTROP, yaitu Dr. Irdika Mansur, M.For.Sc, Dr. Jesus C. Fernandez dan Dr. Zulhamsyah Imran serta seluruh staf SEAMEO BIOTROP atas diterbitkannya buku ini. Kami berharap agar buku ini memberi manfaat kepada siapa saja yang memberi perhatian pada masalah pengolahan limbah padat organik, maupun pengelolaan limbah padat pada umumnya. Semoga karya kecil ini membawa manfaat bagi masyarakat luas.