Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Pertanian

Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Pertanian

By Arief Sabdo Yuwono, Yoga Armando

Sebagian besar isi buku ini pada dasarnya merupakan kompilasi atau kumpulan hasil penelitian tentang pengolahan limbah pertainan yang telah dilakukan oleh banyak peneliti, dosen, dan mahasiswa di Indonesia. Pertanian yang dimaksud dalam buku ini tidak hanya bermakna pertainan tanaman, melainkan juga bidang cakupan “pertanian” dalam arti luas yang meliputi perikanan, peternakan, kehutanan, beserta pengolahan hasilnya.

Kompilasi tulisan dilakukan dengan pengelompokkan berdasar komoditi di mana pada setiap komoditi ini diuraikan aspek-aspek karakteristik limbahnya, proses pengolahan yang dilakukan serta pemanfaatan limbah tersebut. Dengan demikian, sebagai contoh, uraian tentang karakteristik limbah ikan antara lainterdiri dari karakteristik jeroan ikan, isi perut ikan, tepung tulang ikan, dan limbah cair pengolahan ikan. Sedangkan beberapa contoh pemanfaatan limbah ikan antara lain berupa silase limbah ikan, kecap ikan, tepung tulang ikan, gelatin dari tulang ikan, pupuk cair dari instalasi pengolahan ikan, dan lain-lain.

Dengan cara yang sama, aspek-aspek yang dicakup dari pengolahan dan pemanfaatan limbah singkong terdiri dari pemanfaatan kulit singkong, fermentasi kulit singkong, karakteristik kulit singkong, dan pemanfaatan kulit singkong sebagai pakan unggas.

Demikian juga bila yang dibahas adalah tentang limbah ternak, maka uraian yang dicakup adalah pemanfaatan limbah ternak menjadi biogas, teknologi fermentasinya, proses pembuatan biogas, pemanfaatan urin sapi menjadi pupuk cair organik, serta karakteristik pupuk cair organik organik dari urin sapi.

Uraian dibuat secara sederhana sehingga pembaca yang mempunyai minat dalam bidang pemanfaatan limbah pertanian dapat melakukan pengolahan atau pemanfaatan sesuai dengan referensi yang diacu.