Praktik Pengelolaan Limbah Padat dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Praktik Pengelolaan Limbah Padat dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

By Arief Sabdo Yuwono, Wiranda Intan Suri, Elsy Gustika Buana, Rosidana, Afu Vianti Driantika, Priscilia Dana Mentari, Agung Abdul Raup, Nanda Savira Ersa
Pengelolaan lingkungan hidup merupakan kewajiban bersama berbagai pihak, termasuk masyarakat luas. Limbah sebagai hasil buangan dari berbagai kegiatan antropogenik merupakan suatu bahan yang tidak berarti dan tidak berharga. Limbah padat dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), bila dibiarkan terlalu lama di suatu tempat penampungan akan menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan, termasuk dampak serius kepada kesehatan manusia. Bila diproses secara baik dan benar, limbah dapat menjadi berguna dan bermanfaat. Limbah padat dan B3 harus diolah dengan cara yang khusus sehingga hasil olahannya menjadi tidak berbahaya bagi lingkungan.

Sebagai suatu lembaga regional yang bergerak di bidang penelitian dalam bidang biologi tropika, SEAMEO BIOTROP berkepentingan dalam menjaga kualitas lingkungan. Pengolahan limbah padat dan B3 merupakan salah satu penelitian yang menginduk kepada fokus program penelitian SEAMEO BIOTROP dalam rangka memperbaiki kualitas ekosistem. SEAMEO BIOTROP (Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology under Southeast Asian Ministers of Education Organization) adalah lembaga regional yang bergerak dalam bidang penelitian, seminar, pelatihan dan diseminasi hasil penelitian biologi tropika.

Buku ini merupakan rangkuman berbagai hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk berbagi informasi tentang pengolahan limbah padat dan B3 di berbagai lokasi di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.